IPTEK, Mempermudah Kehidupan

Banner01

Mukadimah

Untuk menghadapi tantangan masa depan, khususnya dalam menyongsong era globalisasi dalam milineum ketiga, diperlukan beberapa kesiapan yang menyeluruh dalam berbagai aspek pembangunan. Kenyataannya menunjukan bahwa Kabupaten Pati dihadang berbagai kendala, antara lain lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pelaksanaan pembangunan, perencanaan pembangunan kurang terfokus pada potensi unggulan dan kebutuhan yang mendesak, serta masih kurangnya pendayagunaan pakar keilmuan dan hasil kajian keilmuan.

Sementara itu, pelaksanaan penelitian dan pengkajian keilmuan didaerah belum terfokus dan belum merupakan kerja budaya disatu sisi dan belum diacukan pada kebutuhan pembangunan daerah. Lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan belum cukup berdaya dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Kesemuanya disebabkan belum adanya system penelitian dan pengembangan daerah yang baku, yang secara jelas memberikan visi, misi dan strategi penelitian dan pengembangan. Secara teknis keterbatasan sumber daya merupakan masalah yang laten bagi pelaksananan upaya tersebut. Keadaan-keadaan tersebut bermuara pada pengambilan kebijakan dan keputusan pembangunan yang tidak didasarkan atas pertimbangan ilmiah.

Berpijak pada uraian tersebut diatas, dan amanat UU No 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Pati membentuk Dewan Riset Daerah (DRD), sebagaimana tercantum pada Peraturan Bupati Pati Nomor 30 Tahun 2005 tertanggal 7 Desember 2005 tentang PEMBENTUKAN ORGANISASI DAN TATA KERJA DEWAN RISET DAERAH KABUPATEN PATI. Susunan Kepengurusan Dewan Riset Daerah, telah dikukuhkan dengan Surat Keputusan Bupati Pati Nomor 220/1751/2005 tertanggal 9 Desember 2005 tentang PENGANGKATAN KETUA, SEKRETARIS DAN ANGGOTA DEWAN RISET DAERAH KABUPATEN PATI MASA BAKTI TAHUN 2005-2010.

Visi

Mewujudkan Pembangunan Kabupaten Pati yang berkesinambungan, bertumpu pada budaya keilmuan dan pengembangan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, dalam rangka menghadapi era globalisasi dan milineum ketiga.

Misi

Perumusan kebijakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat diterapkan dalam pembangunan Kabupaten Pati demi kesejahteraan seganap lapisan masyarakat;

Konsultasi dan advokasi ilmu pengetahuan dan teknologi bagi pemerintah serta masyarakat dalam merencanakan, melaksanakan, memantau dan mengevaluasi pembangunan.

Strategi

Umum

Merumuskan arah kebijakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penerapannya dalam bentuk kajian strategis sebagai landasan pembangunan di Kabupaten Pati.

Khusus

  • Perumusan arah dan kebijakan penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi di Kabupaten Pati;
  • Pengembangan jaringan kerja dengan lembaga-lembaga keilmuan tingkat naional dan daerah serta lembaga-lembaga lain terkait: Perguruan Tinggi, Pers, Swasta dll;
  • Pemberian pertimbangan kajian strategis kepada Pemerintah Daeah Kabupaten Pati dalam pengambilan kebijakan dan keputusan pembangunan dalam rangka otonomi daerah;
  • Pemberian pertimbangan kepada mitra (stake holders) dan penyandang dana penelitian dan pengembangan mengenahi arah dan kebijakan penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Kabupaten Pati.

Status & Kedudukan

Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pati adalah suatu lembaga independen non-struktural. Secara organisatoris, sesuai dengan semangat Peraturan Bupati Pati Nomor 30 Tahun 2005 berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati Pati, berkedudukan di Ibu Kota Kabupaten Pati.

Tugas & Fungsi

  • Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pati bertugas membantu Pemerintah Daerah dibidang pengembangan ilmu pengetahuan dan tekologi.
  • Untuk melaksanakan tugasnya DRD berfungsi memberikan masukan, saran dan/atau arahan dalam rangka meningkatkan pembangunan serta pengembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kepada Pemerintah Kabupaten Pati.

Bidang Kajian

Secara umum, DRD dibentuk untuk melaksanakan kajian strategis keseluruhan pembangunan di Kabupaten Pati. Kajian tersebut mencakup aspek pembangunan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di satu sisi dan kebutuhan pembangunan di sisi lain.

Dalam keterbatasan sumberdaya yang ada, maka dipilih kajian prioritas dalam kurun waktu yang ditetapkan.

Bidang Teknologi

Kajian meliputi: pengembangan teknologi terapan dan tepat guna di sektor pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan, perikanan, industri kecil dan pendapatan masyarakat.

Personil: Ir. Sungkowo, SU; Ir. Sutrisno,MM; Ir. Sodiq Eko Arianto; Rudi Eko Raharjo, SE, M.Com.

Bidang Pemerintahan

Kajian meliputi: idiologi, sosial politik, pemerintahan, hukum, pertanahan, agama, etnis, pertisipasi dan kelembagaan masyarakat SDM (aparat pemerintahan).

Personil: Drs. Koesmari, MM; Drs. Abdul Karim, M.Pd ; Sanusi Siswoyo, SH, MH; Karsiman Rosyid, BA, S.Ag.

Bidang Ekonomi dan Sosial Budaya

Kajian meliputi: sektor formal dan non formal, kelompok ekonomi kecil dan menengah, sosial budaya, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Personil: Drs. Moeljono; Umi Harnik, S.Ag, M.Pd; Drs. Masruri, MM; Fajar Kawuryan, M.Si; Witowo, S Si.

Organisasi & Keanggotaan

Untuk menampung berbagai pikiran tersebut diatas DRD Kabupaten Pati memiliki organisasi yang “luwes”, dengan mengikutsertakan semua pihak dari berbagai lembaga terkait, serta disusun suatu struktur dan mekanisme yang sesuai dengan maksud dan tujuan pembentukan DRD Kabupaten Pati.

STRUKTUR ORGANISASI DEWAN RISET DAERAH KABUPATEN PATI

KEANGGOTAAN DEWAN RISET DAERAH KABUPATEN PATI

NO.

N A M A

KEDUDUKAN

1.

Drs. MOELJONO.

KETUA.

2.

KARSIMAN ROSYID, BA, S.Ag.

KETUA I.

3.

Drs. KOESMARI, MM.

KETUA II.

4.

Ir. SODIQ EKO ARIANTO.

SEKRETARIS I.

5.

Ir. SUTRISNO, MM.

SEKRETARIS II.

6.

Ir. SUNGKOWO, SU.

ANGGOTA.

7.

RUDI EKO RAHARJO SE, M.Com.

ANGGOTA.

8.

SANUSI SISWOYO, SH, MH.

ANGGOTA.

9.

Drs. A. KARIM, M.Pd.

ANGGOTA.

10.

Drs. MASRURI, MM.

ANGGOTA.

11.

UMI HARNIK, S.Ag, M.Pd.

ANGGOTA.

12.

FAJAR KAWURYAN, M.Si.

ANGGOTA.

13.

WITOWO, S.Si.

ANGGOTA.

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Yellow Green Red Cyan Orange

Body

Background Color
Text Color

Header

Background Color

Spotlight3

Background Color

Footer

Select menu
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Direction